Memobee
My Review   Add a Review  
Ulap Doyo Khas Kalimantan
Ulap Doyo Khas Kalimantan   
 
Posted by Rustina Septiani

1 year ago

Siapa yang tidak kenal batik? Jangan sebut warga Indonesia kalau tidak mengenal batik. Tiap daerah pasti mempunyai motif batik sendiri-sendiri. Misalnya Batik pekalongan yang di kenal dengan motif  batik pelangi. Begitu juga dengan daerah bagian indonesia yang lain, dari Sabang sampai Merauke masing-masing punya motif batik yang sesuai dengan daerah tersebut.

 

Tidak terkecuali kalimantan. Kalimantan juga memiliki motif batik, beberapa diantaranya motif Batang Garing dan Mandau. Namun ada satu batik kalimantan dimana proses pembuatannya membutuhkan proses yang lama yaitu di tenun. Ulap Doyo, ya itu adalah tenun khas Dayak Benuaq. Bahan tetunan tidak dihasilkan dari benang atau kapas tapi dari serat daun tanaman  doyo. Tamanan doyo adalah tanaman menyerupai sejenis anggrek yang hanya tumbuh di daerah kalimantan. 

 

tanaman doyo

Tanaman Doyo hanya tumbuh di daerah kalimantan

 

Serat dari daun doyo diproses di dalam air selama satu minggu. Serat-serat kuat yang dihasilkan di pintal, disambung satu demi satu hingga menjadi gulungan-gulungan benang yang siap di tenun.

 

 

Serat tamanan doyo

Serat Tanaman Doyo bahan utama tenunan Ulap Doyo

 

Menenun Batik Doyo

Menenun Ulap Doyo

 

(Lionmag)

 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us