Memobee
Everybody's a Journalist  Add Journal  
Subhanallah! Air Laut Ini Bercahaya & Bersinar Terang Seperti Bintang di Langit (Foto)
Subhanallah! Air Laut Ini Bercahaya & Bersinar Terang Seperti Bintang Di Langit (Foto)   
 
Posted by Yos

2 years ago

Sungguh ajaib ciptaan Allah yang Maha Agung. Tidak setiap hari kita bisa melihat fenomena alam yang indah ini.

 

 

Cahaya biru terang terlihat pada air laut di pantai di Raa Atol, Vaadhoo, Maladewa setelah plankton dalam air laut bereaksi dengan oksigen dalam air laut untuk menghasilkan cahaya seterang kerlipan bintang di langit.

 

 

“Kilatan cahaya” biru pada gambar disebut “bioluminescence”, terjadi karena jutaan fitoplankton kecil terdampar oleh pasang-surut, mengubah energi kimia menjadi energi cahaya. Proses ini kuno, alami dan ditemukan di seluruh dunia. Khususnya pada daerah pantai yang hangat setelah gelap.

 


Fenomena alam ini diabadikan oleh fotografer Doug Perrine pada suatu malam di bulan april 2012. "Gambar ini diambil pada penuh bintang, tapi bulan tak terlihat”, ujarnya. "Setiap gelombang kecil menuju ke garis pantai, ombaknya menjadi terang benderang seperti lembar petir.”

 


Jutaan plankton tersebut menciptakan pertunjukan cahaya yang terkonsentrasi di sepanjang tepi pantai. Organisme itu menciptakan cahaya yang cukup kuat untuk dilihat dengan mata telanjang. "

 


"Ketika berdesakan, setiap organisme akan mengeluarkan kilatan cahaya biru yang diciptakan oleh reaksi kimia dalam sel," tulis Peter Frank, seorang ahli biologi di Scripps Institution of Oceanography. "Ketika bermiliar-miliar sel yang berdesakan dipecahkan oleh ombak - Anda melihat pertunjukan cahaya yang spektakuler seperti lembaran petir."


Fenomena langka ini biasanya hanya dilihat ketika kapal “mengaduk” (mengeruk) dasar laut. Subhanallah!

(ABC, AOL, Metro)

 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by Yos

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us