Memobee
Everybody's a Journalist  Add Journal  
Machine Translation
Machine Translation   
 
Posted by Chairil Hakim

1 year ago

Machine translation adalah salah satu bentuk teknologi bahasa yang berfungsi sebagai penerjemah bahasa (teks) secara otomatis dari satu bahasa (misal  Bahasa Inggris) ke bahasa yang lain (seperti Indonesia) atau sebaliknya. 

Untuk memproses penerjemahan, maka sumber teks dalam suatu bahasa harus sepenuhnya sudah ada terjemahannya. Penerjemahan bukanlah substitusi kata-demi kata belaka, tetapi terjemahan yang cukup kompleks. Seorang penerjemah harus menafsirkan dan menganalisis semua elemen dalam teks dan tahu bagaimana setiap kata dapat mempengaruhi yang lain. Hal ini memerlukan keahlian yang luas dalam tata bahasa, sintaksis (struktur kalimat), semantik (makna), dll. 

Google Translator

Machine translation dibagi dua jenis yaitu Statistical Machine Translation (SMT) dan Ruled-Based Translation (RBMT). Dari segi keunggulan keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk SMT yang dibutuhkan cukup data saja, sehingga dari data itu dapat diolah. Untuk RBMT tidak memerlukan data yang cukup banyak yang terpenting aturan terjemahan sudah dapat di teliti. Soal kekurangan SMT harus membutuhkan data yang cukup besar untuk membangun sebuah SMT, sedangkan RBMT memerlukan dana dan waktu yang cukup banyak. 

Machine translation

Ada beberapa situs mesin penerjemah yang menyediakan secara gratis untuk menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia;

1. google translator : http://translate.google.com/

2. Bing translator : http://www.bing.com/translator 

3. Kataku translator : http://www.toggletext.com/main.cgi?page=translation 

Tetapi ini semua hanyalah mesin saja. Tetap saja kitalah yang bisa mengartikannya.

 

 

 

 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by Chairil Hakim

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us