Memobee
News
Rambo, Sapi Simental Super Yang Memikat Hati Presiden
Rambo, Sapi Simental Super Yang Memikat Hati Presiden
3 November 2011, 3 years ago
Saat menyambut hari raya kurban tahun ini, kebahagiaan menyelimuti Suhardi, seorang peternak Sapi asal Pasuruan. Pasalnya, salah satu hewan ternaknya yang dujuluki Rambo mendapatkan 'kehormatan' menjadi hewan kurban yang dipesan khusus oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lalu apa istimewanya Sapi tersebut?

Seperti yang dilansir oleh Suara Pasuruan, Rabu (02/10), sapi yang dijuluki Rambo oleh pemiliknya, telah memiliki lampiran surat keterangan kesehatan dari dokter hewan setempat dan Dinas Peternakan Propinsi Jatim, 31 Oktober lalu, sebelum akhirnya diantar ke Istana. Nantinya, dalam perjalanannya ke Jakarta, sapi andalannya itu akan transit di Pemalang. Di sana, mereka akan mendapatkan perawatan ekstra sebelum akhirnya diberangkatkan ke Jakarta.

Menurut Suhadi, sang pemilik yang tinggal di kelurahan Wiroguna Kecamatan Purworejo, Pasuruan, Rambo dianggap istimewa karena sapi jantan berusia 4 tahun itu memiliki bobot hingga 1,4 ton dengan panjang 285 cm. Jika diukur, sapi itu menjadi yang terbesar dibandingkan dengan hewan kurban lainnya.

Hal tersebut sangatlah wajar, pasalnya Rambo diketahui berasal dari sapi berkualitas super, yakni jenis sapi Simental, yakni sapi perah dan pedaging yang berasal dari Swiss. Suhadi menyebut untuk setiap jenis sapi ini, seseorang setidaknya harus mengeluarkan kocek hingga Rp 50 juta.

Namun meski disebut spesial, perawatan Rambo ternyata sangat biasa, bahkan hampir sama dengan kebanyakan sapi ternak lainnya. Suhadi berujar bahwa tidak dibutuhkan perlakuan khusus untuk merawat si Rambo. Bahkan untuk urusan pakan juga tidak sulit, alias hanya memerlukan rumput biasa.

Meski begitu, Suhadi menyebut tidak semua sapi bisa berkualitas super. Sang pemilik harus teliti dalam memilih bibit unggulan. Selain itu, syarat lain yang harus diteliti adalah struktur tulang yang bagus dan kuat, kaki kuat serta bentuk bada yang seimbang sehingga dibutuhkan perawatan khusus yang ekstra.
 
Masih menurut Suhadi, ini merupakan yang kedua kalinya SBY memesan sapi kurban dari peternakan miliknya. Selama ini, kawasan Pasuruan sendiri memang dikenal memiliki peternak sapi handal.

(as/opnsrc)
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Topics


About Us | Term of Service | Contact Us