Memobee
News
Keyword:
Solusi Mencegah Kebotakan Pada Pria
Solusi Mencegah Kebotakan Pada Pria
11 January 2011, 3 years ago
Kebotakan biasanya menjadi momok menakutkan bagi kaum pria. Tidak jarang mereka melakukan berbagai cara untuk menutupi kekurangan ini.

Menurut ilmuwan, faktor keturunan menjadi faktor utama yang mempengaruhi kerontokan rambut. Namun hampir seluruh pria tidak menyadari jika kebiasaan sehari-hari mereka juga dapat mempercepat kerontokan ini.

Untuk itu, para pakar rambut di Inggris memperikan beberapa langkah antisipatif untuk meminimalisir terjadinya kerontokan pada rambut anda.

- Jangan Menggosok Terlalu Keras

kebiasaan menggosok terlalu keras ketika keramas dapat menggores kulit kepala dan mencabut rambut hingga keakarnya. Jika sudah begitu, tentu saja akan merusak kantung rambut anda.

Jadi sangat penting untuk menggosok kulit kepala dengan lembut ketika keramas. Hindari menarik rambut menggunakan sikat atau sisir. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Bessam Farjo, seorang pakar ahli bedah restorasi rambut asal Manchester.

- Pentingnya Sarapan

Rambut terdiri dari Keratin yang menjadi zat pembantu menguatkan akar rambut. Jika protein yang masuk sedikit dan ditambah dengan beban protein yang harus diserap oleh otak, tentu akan mempengaruhi kadar kreatin dalam rambut. Hal itu berakibat pada hilangnya kekuatan serta terhentinya pertumbuhan rambut.

Untuk itu Philip Kingsley, seorang konsultan rambut menganjurkan kepada para pria untuk melakukan sarapan.

- Hindari Penggunaan Wax Yang Mengandung Minyak

Beberapa pakar menemukan bukti bahwa wax rambut yang mengandung paraffin atau minyak dalam daftar bahan pembuatnya dapat mencegah tumbuhnya kantong-kantong rambut sehingga secara otomatis membuat pertumbuhan mereka berhenti.

Hal ini benar-benar telah dibuktikan, khususnya pada pemakaian dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu, Jimmy Campbell, seorang penata rambut di London, menganjurkan untuk memakai wax yang berbahan dasar air.

- Stress Berlebihan

Menurut Philip Kingsley, ketika pria mengalami stress berlebih, tubuh mereka akan memproduksi lebih banyak hormon testosterone dan dihydrotestosterone yang dapat membuat kerontokan rambut.

- Banyak Makan Kacang

Kurangnya zat besi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Hal ini membuat tingkat Frerritin dalam tubuh menurun. Sebagai akibatnya, hal itu akan mengganggu siklus pertumbuhan rambut.  

Untuk menghindari hal ini, para ahli menganjurkan untuk memakan makanan yang mengandung banyak zat besi yang banyak terkandung dalam kacang-kacangan.

- Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Menurut pakar rambut, terlalu sering mewarnai rambut ternyata berakibat buruk bagi rambut. Pasalnya, ketika membersihkannya, anda akan sering menggunakan bleach (sejenis zat kimia penghilang warna). Terlalu banyak kadar bleach yang diterima rambut dapat mengurangi kelembaban alaminya. Akibatnya rambut jadi kering dan rusak.

- Hentikan Kebiasaan Merokok

Menurut penelitian terbaru yang ditulis dalam jurnal Archieves of Dermatology menyebutkan bahwa rokok, selain membahyakan bagi kesehatan jantung dan menyebabkan kanker, ternyata juga mampu membuat rambut rontok.

Proses ini terjadi karena merokok dapat merusak jaringan darah perifer sehingga kemudian merusak suplai darah ke kantung-kantung rambut. (as/dailymail)
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Topics


About Us | Term of Service | Contact Us