Memobee
My Review   Add a Review  
Arti Desain Rumah Minimalis
Arti Desain Rumah Minimalis   
 
Posted by Susi Dwi Hanifah

2 years ago

Sebenarnya desain rumah minimalis itu seperti apa sih? Di khalayak ramai banyak sudah seabrek deskripsi dan pengertian mengenai hal tersebut. Ada yang sudah baik dalam mengartikannya tetapi ada pula yang masih harus diperbaiki.

Berdasarkan pengalaman menggeluti dunia praktisi jasa arsitek, ada tiga pengertian desain yang sangat utama untuk diketahui masyarakat umum, yaitu; kontemporer, modern dan minimalis.

Dalam kesempatan ini penulis mencoba memberikan referensi yang diambil dari kamus arsitektur dan konstruksi internasional, yang dituliskan dalam bentuk terjemahan bebas bahasa Indonesia.

 

 

  • Arsitektur Kontemporer
    Istilah yang diterapkan pada salah satu dari sejumlah gaya arsitektur yang populer pada tahun 1940 hingga 1970-an dan seterusnya, kadang-kadang melekat sebagai istilah arsitektur modern; sering ditandai oleh luas atap menggantung, balok atap yang diekspos, dan atap pelana yang menghadap ke depan diatas tembok antara jendela; kadang pula balkon dengan tabir surya yang menggantung, atap dek dan teras yang dapat berfungsi sebagai ekstensi dari ruang hunian, tipe lain memiliki tampak dan atap datar perwujudan gaya internasional.
  • Arsitektur Modern
    Sebuah istilah bebas yang dipakai sejak akhir abad ke-19 untuk bangunan dalam berbagai gaya, di mana perhatiannya ditempatkan pada fungsionalisme, rasionalisme, dan metode konstruksi saat ini, kontras dengan gaya arsitektur berdasarkan preseden sejarah dan metode tradisional bangunan. kategori ini sering mencakup art deco, artmoderne, bauhaus, gaya kontemporer, gaya internasional, arsitektur organik, langsing modern.
  • Arsitektur Minimalis
    Arsitektur yang mengikuti doktrin bahwa penggunaan dekorasi semua elemen, termasuk ornamen dan warna, harus diatur hingga sangat/mutlak minimum. prinsip ini berangapan semua fitur arsitektur tidak penting dan sebagai nilai estetika negatif, sehingga mengedepankan konsep milik Mies Van Der Rohe yaitu “less is more.”

 

Pengertian diatas yang disajikan secara berurutan bisa menjadi pencerahan asal muasal timbulnya desain minimalis yang ada pada saat ini. Langgam desain minimalis adalah suatu bentuk karya arsitektur murni tanpa pembelokan/pengalihan bentuk fungsi/asalnya dengan asesoris maupun ornamen yang tidak mempunyai fungsi.

 

Penulis berharap semoga tulisan diatas dapat membantu melengkapi arti desain minimalis bagi segenap masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat.

/sdhanifah

 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us