Memobee
My Review    Add a Review  
7 Kuliner Khas Bogor
7 Kuliner Khas Bogor   
 
Posted by Yos

2 years ago

Our Sponsor
Walaupun letaknya sangat dekat dengan Jakarta, bukan berarti Bogor membosankan untuk dikunjungi. Banyak hal -hal yang bisa jelajahi di Bogor, misalnya kulinernya. Seperti kota-kota lainnya yang memiliki ciri khas tersendiri, Bogor juga memiliki ciri khas tersendiri dalam kulinernya. Banyak wisatawan yang mengunjungi Kota Bogor hanya karena ingin sekadar mencicipi kulinernya yang unik-unik. Inilah kulinr khas Bogor :

1. Roti Venus/Roti Unyil

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini saat berkunjung ke Bogor? Roti Venus atau lebih dikenal sebagai Roti Unyil adalah kuliner pertama yang wajib dicoba saat mengunjungi Bogor. Tidak sedikit artis atau pesohor yang menyempatkan diri datang ke Bogor hanya untuk membeli makanan ini.

Roti Unyil terdiri dari berbagai varian seperti roti jagung, roti abon, roti sosis, roti keju, dan lain-lain dan sengaja dibuat lebih kecil dibandingkan roti pada umumnya. Karenanya tidak heran kalau disebut Roti Unyil karena ukurannya yang kecil dan mini, namun tetap mampu membuat ketagihan karena rasanya yang membuat kangen. Roti Unyil kerap kali dijadikan oleh-oleh khusus dari Bogor dan belum lengkap apabila datang ke Bogor belum membeli dan mencicipi Roti Unyil yang rasanya sangat "unyu" ini.

2. Asinan Gedung Dalam

Asinan Campur yang lezat

Asinan Gedung Dalam adalah salah satu kuliner yang dicari oleh orang-orang luar kota Bogor, baik sebagai oleh-oleh ataupun untuk dimakan langsung di tempat. Terdiri dari tiga macam asinan yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campur dengan kuah asinannya yang segar dan tidak bisa didapatkan di tempat lain selain Bogor.

3. Gepuk Karuhun dan Ikan Balita
Gepuk Karuhun dan Ikan Balita adalah panganan yang sering dicari akhir-akhir ini oleh mereka yang berkunjung ke Bogor. Gepuk Karuhun adalah kuliner khas Bogor yang diolah berdasarkan resep warisan turun-temurun dan hingga sekarang belum diubah komposisi pengolahannya. Oleh karena itulah gepuk ini dinamai "Karuhun" yang berarti "leluhur".

Sedangkan Ikan Balita adalah ikan mas kecil-kecil yang digoreng garing dan renyah. Bisa disantap sebagai makanan pendamping atau sebagai cemilan yang nikmat.

Gepuk Karuhun dan Ikan Balita

4. Makaroni Panggang

Dari namanya saja sudah terbayang betapa enaknya (hmmmm......). Makaroni Panggang sudah menjadi menu andalah para wisatawan  ibukota yang sengaja datang ke Bogor untuk mencari makanan yang enak ini. Makaroni ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Makaroni Panggang Biasa dan Makaroni Spesial. Untuk Makaroni Spesial, makaroni diisi dengan jamur hioko dan smoked beef. Tersedia 3 pilihan ukuran yang bisa dipilih, yaitu small, medium, dan large.

Macaroni Panggang

5. Apple Pie
 
Wow! Mendengar namanya saja langsung membuat ngiler. Pie berisi selai apel dengan bumbu cengkeh dan kayu manis ini merupakan salah satu kuliner primadona khas Kota Bogor. Selain apel, terdapat juga pie dengan variasi yang lain seperti strawberry, nanas, daging, dan raisin.

Walaupun kedai Apple Pie terbilang kecil tetapi hal ini tidak menyurutkan niat pengunjung yang terutama berasal dari luar Kota Bogor untuk mampir dan merasakan nikmatnya hidangan ini. Harga yang ditawarkan memang cukup beragam dan mahal antara Rp 20.000 sampai Rp. 200.000 tergantung rasa dan ukuran yang diinginkan. Namun bagi penggila wisata kuliner nampaknya hal tersebut bukan masalah. Jargon "Harga tidak pernah menipu" memang benar adanya.

Apple Pie yang lezat

6; Toge Goreng/Geco


Geco atau toge dan tauco merupakan nama asli dari toge goreng. Istilah Toge Goreng berasal dari ungkapan orang Jakarta yang menggemari makanan ini. Makanan yang brbahan mie, tahu, tauco, dan tentunya toge ini disajikan diatas daun patat, rasanya sangat sedap apalagi dimakan saat hangat dan cuaca sedang hujan.

Tidak sulit menemukan toge goreng di Bogor. Cukup menyusuri Jalan Suryakencana (Surken) sampai Sukasari maka kita dapat menemukan kuliner ini. Harganya sangat murah antara Rp 6.000 sampai Rp 10.000 per porsi. Biasanya toge goreng tidak menggunakan bumbu-bumbu berbahan pengawet jadi makanan yang rasanya manis pedas ini sangat sehat untuk dikonsumsi.

7. Es Pala


Kalau sudah kenyang mencicipi makanan-makanan khas Bogor diatas tersebut jangan lupa untuk menikmati Es Pala yang segar. Minuman ini konon sudah ada sejak zaman kompeni (VOC). Minuman ini berbahan dasar pala, gula, garam, air dan es batu. Menurut ahli teknologi pangan, buah pala mempunyai khasiat yang luar biasa, bisa membantu menyembuhkan orang yang susah tidur, memperlancar pencernaan, mengatasi rasa mual dan muntah, mencegah masuk angin, bisa juga untuk menyembuhkan rasa nyeri saat datang bulan. Sungguh menyehatkan.

Nah, tunggu apalagi? Langsung ingin meluncur ke Bogor kan? Selamat berpetualang.


 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us