Memobee
My Review   Add a Review  
Pulau Lombok (Bagian 4) Pantai Selong Belanak, Pasir Putihnya Menawan
Pulau Lombok (Bagian 4) : Pantai Selong Belanak, Pasir Putihnya Menawan   
 
Posted by Yos

2 years ago

Our Sponsor
Pantai Selong Belanak berlokasi di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini berjarak sekitar 49 km dari Kota Mataram. Dengan mobil pribadi atau sepeda motor, pantai ini dapat dijangkau dalam waktu 1,5 jam. Dari Kota Mataram, arahkan kendaraan ke jalur jalan menuju Bandara Internasional Lombok. Sesampai di perempatan Masjid Jami Penunjak, berbeloklah ke utara dan telusurilah terus jalan ini hingga mencapai Pantai Selong Belanak.

Mendekati daerah Selong Belanak, dari ketinggian kita sudah bisa melihat keindahan teluk yang luas, airnya berwarna biru jernih dan lengkung pantai pasir putihnya menyejukkan sejauh mata memandang.

Jalan menuju Pantai Selong Belanak relatif bagus dan pada sekitar 15 km sebelum sampai di pantai ini, kita akan menemui kontur jalan yang menanjak dan menurun.Di sepanjang perjalanan banyak terdapat kebun tembakau dan tanaman hortikultura di kanan-kiri jalan. Kalau merasa ragu-ragu, jangan segan untuk bertanya arah sebab hampir tidak ada rambu-rambu penunjuk jalan.

Di kawasan pantai ini terdapat beberapa cottage, sederhana bergaya tradisional Lombok yang sayangnya kurang terawat.Namun berjalanlah sekitar 50 meter ke arah pantai, Anda akan menemukan Pantai Selong Belanak yang bersih dan indah.

Pantai ini dapat dibilang salah satu pantai papan atas di Pulau Lombok yang tidak boleh dilewatkan. Kebersihan dan keindahan pantainya luar biasa. Bentuk pantainya mirip bulan sabit, melengkung dengan perbukitan di bagian ujung-ujungnya. Pantai ini merupakan sebuah teluk yang menghadap Samudera Hindia. Panjang garis pantainya tak kurang dari 1 km. Sekitar seperempat dari bagian pantai di sisi selatan merupakan wilayah pemukiman penduduk. Tetulah bagian ini bukan merupakan bagian yang cocok untuk berenang atau melakukan kegiatan rekreasi air lainnya karena banyak sekali perahu yang bersandar, sehingga terasa mengganggu.



Kalau ingin berekreasi pantai, lakukanlah aktivitas tersebut di bagian tengah pantai hingga ke sisi utara. Bagian inilah sering dimanfaatkan oleh para wisatawan kususnya mancanegara untuk rekreasi. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang halus dan dalam kondisi bersih. Pantainya berkontur landai, air lautnya sangat bersih serta berombak tidak terlalu besar. Sungguh suatu pantai yang amat menyenangkan untuk berekreasi. Selain berenang, atau sekadar berjalan-jalan menyusuri pantai kita juga bisa memancing dengan menyewa perahu nelayan.

Pantai ini relatif sepi pengunjung. Sehari-harinya hanya beberapa wisatawan mancanegara. Suasana ramai terjadi hanya ketika hari libur. Jadi, kalau Anda menyukai pantai yang bersuasana tenang, pantai ini merupakan tujuan yang wajib Anda kunjungi ketika Anda mengunjungi Pulau Lombok.

Meskipun tidak ramai pengunjung, di dekat perkampungan nelayan terdapat warung yang menjual makanan dan minuman termasuk sate ikan/ikan asap.

Sate ikan:


Juga terdapat kafe yang terdapat di sisi utara pantai. Apabila ingin menginap, tersedia vila yang berada di areal kafe tersebut.

Tips:
1. Kalau menggunakan mobil berpenggerak dua roda, sebaiknya parkirkan di are yang tidak brpasir.
2. Jangan kenakan alas kaki selama berjalan di pantai agar telapak kaki tidak lecet.
 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us