Memobee
Everybody's a Journalist     Add a Journal   
5 Bahan Makanan/Minuman Pemicu Gangguan Lambung
5 Bahan Makanan/Minuman Pemicu Gangguan Lambung    
 
Posted by Indah Saputri

2 years ago

Our Sponsor

Bagi kaum muslimin, berpuasa merupakan salah satu bentuk beribadah yang wajib dijalankan. Biasanya ketika berpuasa, terlebih disaat sahur dan berbuka, kita inginnya melahap makanan apapun yang dapat membuat perut kita kenyang dan bertenaga. Tapi nanti dulu! Beberapa orang, memang beruntung bisa memakan berbagai makanan tanpa diiringi efek buruk. Namun, diantara kita ada pula orang dengan sistem pencernaan yang kurang baik sehingga sensitif terhadap makanan atau minuman tertentu.
Berikut adalah beberapa makanan dan minuman, yang kerap menimbulkan gangguan pada lambung. Simak deh!

1. Brokoli


Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Berbagai manfaat kesehatan, terdapat dalam kandungan Brokoli. Namun demikian, brokoli juga adalah jenis sayuran yang memproduksi gas. Bagi mereka yang memiliki gangguan pada usus besar, brokoli dapat menyebabkan gangguan perut. Makanan berserat larut, yang tidak rusak hingga mencapai usus besar, ini juga mengandung raffinose, gula kompleks yang menghasilkan gas seperti pada kacang-kacangan.

 

2. Tomat

Dalam sebuah penelitian, sayuran tomat bisa menyebabkan iritasi kerongkongan, yang menyebabkan gejala refluks asam, mulas atau membuat mulas lebih buruk. Rasa asam pada buah berwarna merah ini bisa merangsang produksi asam ekstra pada pencernaan dalam perut.

Akibatnya, asam bisa kembali ke kerongkongan, memperparah kerongkongan sensitif, bahkan bisa merusak lapisan kerongkongan. Tomat yang dikemas dalam bentuk saus atau pasta juga bisa memiliki pengaruh yang sama bagi mereka yang memiliki masalah perut sensitif.

 

3. Kubis


Kubis adalah sayuran sehat yang bisa dinikmati kapan pun tanpa mengenal musim. Namun setali tiga uang dengan brokoli, sayuran ini juga bisa menyebabkan perut kembung yang menyakitkan. Coba hindari konsumsi makanan ini untuk mengurangi rasa kembung di perut.

 

4. Kacang-kacangan

Kandungan oligosakarida dapat menghasilkan gas di usus. Oligosakarida merupakan sejenis gula kompleks yang terdiri dari molekul besar bagi usus kecil. Selain itu, tubuh tidak dapat memecah gula kompleks ini karena tidak memiliki enzim untuk melakukannya.

 

5. Makanan berlemak

Makanan tinggi lemak, termasuk makanan yang digoreng, dapat meningkatkan gejala asam lambung, kata Brooking. Makanan berlemak memakan waktu lebih lama untuk larut dalam tubuh, sehingga tertahan di perut untuk jangka waktu lama.

Akibatnya, tubuh secara otomatis menghasilkan asam lambung ekstra untuk membantu pencernaan. Perlu diketahui bahwa makan terlalu banyak juga akan menyebabkan keterlambatan dalam pencernaan dan akan merangsang lambung untuk mengeluarkan asam lebih.

 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by Indah Saputri

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us