Memobee
Everybody's a Journalist  Add Journal  
Rambut Rontok ? Tidak Lagi
Rambut Rontok ? Tidak Lagi   
 
Posted by Tri Herlambang

3 years ago

Sekitar 50 sampai 100 helai rambut kita rontok setiap harinya, namun itu merupakan siklus alami dari pertumbuhan rambut kita.Tapi jika rambut sudah rontok secara berlebihan mungkin anda dapat mencoba tips ringan yang berbahan alami.

 

1. Kurangi atau hindari pemakaian shampoo dengan busa yang terlalu banyak. Karena shampoo yang memiliki busa banyak mengandung pH 7 sampai 8 yang dapat merusak asam alamiah kulit kepala yang pH-nya sekitar 5,5. Ketidakseimbangan pH dapat mengganggu pertumbuhan rambut yang sehat dan menyebabkan rambut rontok. Cobalah mengganti shampoo dengan formula rendah busa, atau gunakan shampoo bayi karena umumnya tidak mengandung detergen.

 

2. Selagi Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas

 

3. Jangan memakai air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat

 

4. Keringkan tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek handuk akan gampang tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.

 

5. Batasi penggunaan zat kimia ataupun perlakuan fisik berlebihan pada rambut. Rambut yang diwarnai, di-rebonding, dicatok, atau diikat maupun dikeringkan dengan menggunakan hair dryer telah menyiksa rambut Anda sehingga rambut menjadi stres dan lebih rapuh.

 

6. Hindari stres, karena stres dapat memicu kerontokan rambut. Usahakan tidur cukup agar tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat. Hindari rokok dan alcohol. Serta hindari diet terlalu ketat atau diet yang tak seimbang, karena kurangnya asupan protein akan mengurangi pula jatah nutrisi protein untuk pertumbuhan rambut

 

7. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.

 

 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by Tri Herlambang

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us