Memobee
Everybody's a Journalist  Add Journal  
Ini Dia Penampakan Organ Tubuh Manusia Melalui CT Scan
Ini Dia Penampakan Organ Tubuh Manusia Melalui CT Scan   
 
Posted by Susi Dwi Hanifah

2 years ago

Banyak dari kita yang merasa bosan atau pusing ketika diharuskan untuk membaca sebuah data ilmiah, baik berupa statistik ataupun gambar visual. Karena biasanya, data – data ilmiah bersifat formal sehingga tampilannya kurang menarik. Dengan begitu, kita akan merasa bosan dan malas untuk memahami sebuah data ilmiah. Namun, teknik memadukan antara data ilmiah dengan sebuah seni sedang populer di kalangan para peneliti zaman sekarang. Dengan demikian, membaca serta memahami sebuah data ilmiah tidak lagi membosankan karena kita dapat menikmati seni yang dipadukan di dalamnya.

 

Salah satunya adalah sebuah seni visual yang diciptakan oleh seorang ahli radiologi dari Hongkong. Radiolog tersebut adalah seorang pria berusia 56 tahun bernama Kai-hung Fung. Dokter Fung adalah seorang dokter spesialis organ tubuh yang bekerja di Rumah Sakit Pamela Youde Nethersole Easter di Hong Kong.

 

Tubuh manusia benar – benar merupakan karya ciptaan Tuhan yang sungguh luar biasa dan benar – benar indah. Rupanya hal ini disadari oleh Dokter Fung. Sehingga Dokter Fung terinspirasi untuk membuat sebuah hasil karya seni yang berasal dari hasil scan organ dalam tubuh manusia. Dokter Fung mencetak gambar 3D hasil scan berbagai organ tubuh manusia menggunakan sebuah alat pendeteksi. Alat pendeteksi tersebut adalah computed tomography (CT) scan.

 

Gambar – gambar di bawah menunjukkan rincian foto hasil scan organ dan jaringan tubuh manusia. Beberapa diantaranya adalah bagian dalam hati manusia, bagian belakang hidung, pita suara manusia dan bahkan gambaran sebuah gigi yang sudah membusuk.

 

 

 

 

 

Gambar di atas adalah hasil scan bagian belakang hidung manusia.

 

 

 

Sedangkan gambar di atas menunjukkan foto gigi yang sudah membusuk.

 

 

Hasil scan dari pita suara manusia yang sudah dijadikan karya seni oleh dokter Fung.

 

 

 

Gambar di atas adalah tampilan paru – paru manusia yang telah diberi teknik pewarnaan Pelangi. Sedangkan gambar di bawahnya adalah gambar bagian dalam hati manusia.

 

 

 

 

 

Gambar di atas adalah struktur bagian dalam telinga manusia.

 

Pertama – tama, sang dokter akan mengambil gambar organ – organ tubuh manusia untuk difoto. Lalu hasilnya dipindahkan ke dalam komputer. Kemudian Dokter Fung akan menambahkan beberapa elemen warna ke dalam gambar hasil scan tersebut. Dokter Fung menggunakan sebuah teknik mewarnai yang disebutnya “Rainbow Technique” atau Teknik Pelangi. Dokter Fung mengatakan bahwa ia hanya menambah dan mengubah warnanya saja dengan teknik ini tanpa mengubah bentuk. Dokter Fung tidak menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop dan sejenisnya untuk menciptakan karya seni ini. Menurut sang dokter, ia ingin menampilkan sebuah hasil karya seni alami tanpa mengubah struktur bentuk organ tubuh. Dimana dalam hal ini, dokter Fung hanya bermain warna saja. Alasannya pun sederhana, karena dokter Fung ingin menampilkan gambar murni dan data yang informatif. Hal ini dilakukan olehnya dengan memadukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan karya seni. Data dan karya seni ciptaan dokter Fung ini dapat dipelajari baik secara ilmiah sekaligus dapat dinikmati juga sebagai sebuah karya seni.

 

“Citra ini dikemas dengan informatif. Setiap garis atau titik dalam gambar merupakan struktur anatomi tertentu dalam tubuh. Organ – organ tersebut bervariasi, baik yang dalam keadaan normal maupun organ dan jaringan yang sakit. Karya seni ini menciptakan pandangan yang tidak biasa,” demikian Dokter Fung memaparkan.

 

Karya-karya dari dokter Fung telah dipamerkan di banyak galeri di seluruh dunia. Hasil karyanya pun sempat memenangkan pernghargaan, dimana hadiah dan hasil penjualan karyanya ini ia sumbangkan untuk amal.

 

/sdhanifah

 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by Susi Dwi Hanifah

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us