Memobee
Everybody's a Journalist  Add Journal  
Pangeran Diponegoro, Pangeran Saleh Yang Mudah Tergoda Oleh Wanita
Pangeran Diponegoro, Pangeran Saleh Yang Mudah Tergoda Oleh Wanita   
 
Posted by Alfonso

2 years ago

Our Sponsor

Beda dengan kalangan keraton, Diponegoro belajar agama dengan serius. Kecerdasan dan daya ingatnya luar biasa.

 

Perawakan Diponegoro tidak terlalu tinggi, cenderung gempal daan kuat. Wajahnya juga tidak terlalu tampan, tapi sorot matanya tajam. Dalam babad karyanya, Babad Dipanegara, ia mengaku memiliki sifat “sering tergoda pada wanita. Ia mengaitkan salah satu kekalahan terbesarnya dalam perang adalah penyelewengannya dengan gadis Tionghoa yang menjadi tukang pijatnya sesudah ia ditangkap di Kedaren (Delanggu).

 

sketsa arang inilah satu-satunya yang menampilkan Diponegoro dalam busana Keraton

 

Padahal di Tegalrejo ia mempunyai 4 orang istri dan juga beberapa selir. Bahkan salah satu selirnya cukup cantik dan sempat menjadi gundik Assisten Residen Yogya 1823-1825, P.F.H. Chevalier yang playboy selama beberapa bulan

 

Residen Manado 1827-1831 (tempat pengasingan Diponegoro), Daniel Francois Willem Pietermaart bersaksi mengenai Diponegoro bahwa “Diponegoro sering membicarakan para perempuan yang tampak menganggapnya sebagai kekasih yang menawan”. Duh, pangeran satu ini suka kegeeran juga. Selama pengasingan di Manado ini, Diponegoro mencoba mengawini gadis setempat yang merupakan putri seorang muslim terkemuka di Manado, Letnan Hasan Nur Latif. Selain Letnan Hasan berkeberatan, penguasa Belanda pun demikian dan mengatakan bahwa itu akan membawa nasib sial bagi si perempuan.

 

Total Diponegoro punya 9 anak (5 laki-laki dan 4 perempuan), dua diantara anak-anaknya wafat dalam usia muda di Tegalrejo. Dan selama Perang Jawa, Diponegoro mengawini 3 wanita lagi salah satunya R. Ay. Retnoningsih (yang menurut kesaksian para pejabat Belanda: amat cantik) yang mendampinginya di pengasingan dan melahirkan 2 orang anak.

 

(Kuasa Ramalan: Pangeran Diponegoro dan Akhir Tatanan Lama di Jawa, 1785-1855)

 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by Alfonso

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us