Memobee
Everybody's a Journalist     Add a Journal   
Misteri Monster Laut Raksasa di Youtube Terungkap (Foto + Video)
Misteri Monster Laut Raksasa Di Youtube Terungkap (Foto + Video)   
 
Posted by Yos

2 years ago

Our Sponsor

Bulan lalu, sebuah video ‘makhluk laut misterius’ yang diposting di YouTube memunculkan kegaduhan di dunia maya. Sejumlah spekulasi bermunculan. Ada yang menyebutkan bahwa benda yang direkam video tersebut merupakan ari-ari ikan paus, ada pula yang menduganya sebagai jala ikan. Beberapa pihak lain berpendapat bahwa itu merupakan limbah berupa kantung plastik besar atau bahkan monster laut.

 

Seperti inilah tampilannya yang tertangkap oleh kamera video:

 

 

 

 

 

Sempat dikira pula sebagai Stygiomedusa Gigantea, spesies ubur-ubur yang bisa tumbuh hingga panjang enam meter dan hanya terlihat sebanyak 114 kali dalam 110 tahun terakhir, kini sejumlah pakar telah mengonfirmasikan makhluk tersebut secara pasti. Ternyata ia adalah Deepstaria Enigmatica, spesies ubur-ubur yang juga langka, yang kadang disebut juga dengan ‘lampu lava’ karena caranya bergerak.

 

Jelly berbentuk seperti kantung ini bukanlah hewan yang sangat langka, tetapi ia cukup besar dan sangat jarang terlihat,” kata Steven Haddock, peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute. “Pada video tersebut, pusaran air dari arah bawah membuat makhluk ini tampak seperti berombak-ombak, dan bahkan sampai terbalik,” ucapnya.

 

Sepintas, dari tangkapan kamera, makhluk itu tampak seperti kantung plastik yang diselimuti jamur kotor yang hanyut. Dia bergerak dengan cepat sampai-sampai operator kamera tidak berhasil mengikutnya hingga ke kedalaman air. Tetapi kemudian ia kembali ke atas dan berpose di depan kamera selama beberapa menit dan menampakkan bentuk tubuhnya yang tak lazim dari berbagai sisi.

 

Inilah tampilan videonya:

 

Dari posisi ini, makhluk itu terlihat seperti gurita berwarna cokelat yang sangat fleksibel. Tetapi, tidak seperti gurita, makhluk ini tidak punya tentakel. “Pada 30 detik terakhir di video itu, Anda bisa melihat lebih banyak struktur dari makhluk tersebut. Tabung berjumbai dengan lima struktur berwarna putih dan beberapa memiliki cabang tampak seperti sekumpulan ubur-ubur,” ucap Daniel Bucher, peneliti dari Ninemsn terkait keberadaan organ seks pada makhluk itu.

 

Ubur-ubur itu dilaporkan direkam saat juru kamera tersebut sedang berada dalam proyek pengeboran minyak di laut dalam di dekat kawasan Inggris Raya. Spesies ubur-ubur ini sendiri biasanya ditemukan di kedalaman sekitar 5.000 kaki (1.524 meter) di bawah permukaan Samudera Atlantik bagian selatan.

(dailymail, business insider)

 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by Yos

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us