Memobee
Everybody's a Journalist  Add Journal  
MYASIS
MYASIS   
 
Posted by YOGI ADI DARMA

4 years ago

Myasis adalah manisfestasi bersarangnya larva lalat pada luka. Kelihatannya ini sepele, namun realita di lapangan sistem peternakan hewan besar (Sapi, Kerbau, Kuda dan Kambing) kasus ini menempati urutan tinggi dengan frekuensi kejadian 70 persen pernah mengalaminya dan berulangnya kasus mencapai 40 persen.

Tingginya kasus Myasis tidak dapat dilepaskan dari sistem budidaya peternakan rakyat, jenis ternak, besar atau sedang. Sangat umum dijumpai, bahwa kotoran ternak menjadi media subur bagi tumbuk kembangnya mikroorganisme dan lalat. Kondisi ini diperparah dengan model kandang yang mendukung terjadinya luka permukaan tubuh akibat kena paku ataupun gesekan dan goresan lainnya.

Investasi belatung atau larva lalat yang mampu menembus kulit, menyebabkan ternak terganggu kesehatannya. Namun jika sudah menembus otot dengan luka dalam akan menjadi rumit penangananya. Langkah yang ditempuh dokter hewan lapangan adalah mengeluarkan semua belatung dari tubuh ternak dan memberikan semprotan antiseptik plus insektisida.



 
 
 
 
 
Please login or sign up to comment
Other Articles by YOGI ADI DARMA

Related Stories

Trending Articles


About Us | Term of Service | Contact Us